Belajar mengenal dunia bisnis bagi pemula

Sekilas dunia marketingBelajar mengenal dunia bisnis bagi pemula - Sebagian besar orang ragu-ragu untuk melangkah di dunia bisnis atau dagang, sebagian permasalahan modal dan sebagian belum menguasai pasar dagang. Namun sebagian orang tanpa modal dan tanpa ada dagangan bisa berhasil berbisnis. Bagaimana caranya? Oke kita simak artikelnya berikut ini.

Dari perbincangan saya dengan beberapa pengusaha atau pedagang yang mana sebagian besar dari mereka adalah teman saya, mereka mengatakan jika bisnis bukan masalah modal tapi soal keberanian untuk melangkah.

Contoh halnya mas nuraji berawal dari impian untuk membuat aplikasi jual beli online dan sekarang sudah bisa membuat dan diberi nama LARIZE yang sudah beroperasi di wilayah kutai timur.

Ada cerita yang mana dalam cerita ini saya pun turut nimbrung didalamnya, cerita tentang mas didik yang ingin membuat usaha. Sebagai pembelajaran dan wawasan calon pengusaha muda

Ilustrasi
Pada akhir tahun 2015 mas didik mengalami gejolak ekonomi sampai mau menjual salah satu rumah yang telah ia buat, saking stres nya setiap hari yang dia urusin hanya merawat burung, sampai-sampai anaknya yang kedua ketika ditanya gurunya tentang apa pekerjaan bapaknya, ia jawab "Memberi makan burung bu".

Dengan berjalannya waktu, kira-kira akhir tahun 2016 dia mengutarakan niat kepada saya untuk membuat usaha, namun masih bingung dan bimbang apakah usahanya akan berjalan.

Saya jawab dengan beberapa pertimbangan untuk berjualan makanan atau membuka warung makanan, kenapa saya memberi saran untuk membuka warung makanan? Pertimbangan saya sebagai berikut :
  1. Modal tidak seberapa banyak
  2. Selain untung materi, orang rumah bisa ikut makan di warung
  3. Tidak perlu memberi uang makan karyawan
  4. Membuat orang kenyang adalah pahala
Beberapa hal tersebut yang saya lontarkan sambil bercanda, mungkin beberapa perhitungan tersebut membuat tertarik mas didik untuk membuat warung makan.

Akhirnya pada awal tahun 2017 mas didik membuka warung bernuansa Prasmanan yang di beri nama PRASMANAN MBAK WIWIK dan pada hari pertama buka sudah kembali modal belanja dan untung walaupun sedikit.

Hari kedua sampai hari ke empat sedikit ada kemajuan untung, pada hari ke lima drastis naik 50% keuntungan. Kenapa bisa demikian?

Pada hari ke dua, keuntungan yang ia dapat untuk membuat iklan di radio dan spanduk di pinggir jalan depan warung tentu dengan warna dan desain yang menarik agar si calon pembeli melirik.

Keuntungan berjualan itu kurang lebih 20-40% dan tentu itu bisa untuk iklan diradio, karena iklan di radio tidak terlalu mahal, sekitar Rp. 450.000 dan itu sudah tayang selama satu bulan.

Jika kita berpikir tentang keuntungan yang banyak kita juga harus keluar modal yang banyak untuk promosi, namun hal tersebut dapat disiasati. Pada pertemuan berikutnya

Tidak ada komentar untuk "Belajar mengenal dunia bisnis bagi pemula"