Cari peluang bisnis yang ada di sekitar anda

Sobat Sekilas dunia marketing kali ini saya akan berbagi artikel tentang Cari peluang bisnis yang ada di sekitar anda, bisnis tidak melulu sekali muncul harus wah begitu, banyak usaha kecil yang akhirnya bisa menjadi wah seiring berjalannya waktu, manfaatkan peluang yang ada disekitar anda bisa jadi hal yang tidak anda duga bisa menjadi sumber rejeki. Karena rejeki itu sudah ada yang mengaturnya tinggal kita saja yang teliti melihat peluang yang ada. Seperti tema yang saya angkat hari ini peluang yang bisa anda manfaatkan disekitar anda.

Apa saja yang bisa gali peluang bisnis itu?

1. Cari informasi

Mencari informasi tidak harus bertanya kepada tetangga anda atau keliling sambil mencari ide, ide itu akan datang dengan sendirinya jika anda mau bergaul dengan tetangga sekitar lingkungan anda. Banyak pengusaha yang berawal dari kebiasaan tetangga seperti membuang sampah plastik dan dijadikannya usaha rumahan.


2. Kebiasaan

Coba anda lihat kebiasaan orang yang ada disekitar anda seperti hobi mereka atau kebiasaan mereka membeli makanan diluar, itu bisa menjadi peluang anda untuk membuka usaha.

3. Sesuaikan modal

Jika anda sudah menemukan peluang itu lihat seberapa mampu anda membuka usaha, jika tidak mampu ajak orang untuk berdiskusi dengan diskusi tentu ada hasil.

4. Ajak orang bekerjasama

Metode ini jarang sekali digunakan, mungkin menurut sebagian orang terlalu beresiko disaat membuka awal usaha, namun menurut beberapa orang itu bisa menjadi modal awal.

Modal dan risiko dipikul bersama. Dalam bisnis bersama teman atau bisnis patungan, setiap orang berbagi setoran modal awal, dan tidak menanggung semuanya sendiri seperti dalam usaha milik pribadi. Karenanya, segala risiko usaha juga ditanggung bersama. Bisnis model ini sangat cocok untuk pemula yang tidak memiliki cukup modal tetapi ingin memiliki bisnis.

Di awal, pembagian modal ini harus dijelaskan secara terperinci. Berapa persentasenya, apakah pemodal akan berperan aktif atau hanya pasif. Begitu pun modal yang bersifat tangible, seperti konsultasi kepakaran sampai pembuatan logo dan tagline, dapat diperhitungkan dan dimasukkan ke dalam persentase. Tidak ada aturan pasti, namun sebaiknya persentase tersebut merupakan kesepakatan bersama.

Lebih cepat dengan kerja tim. Jika para pemodal juga ikut mengelola usaha, bisnis akan semakin cepat berjalan karena ada pembagian tugas kerja berdasarkan keahlian masing-masing, misalnya ada yang mengurusi produksi, keuangan, dan pemasaran. Satu orang tak perlu memikirkan semuanya sendiri.

Bersedia kerja sukarela. Setiap pemodal yang ikut terlibat dalam mengelola bisnis patungan biasanya mudah bersepakat untuk tidak mengambil gaji pada awal usaha – bekerja secara gratis – dan lebih fokus untuk memperbesar kas sampai keuangan perusahaan benar-benar stabil. Ini merupakan keuntungan jika dibandingkan bisnis sendiri, yang mana pemilik modal harus mengeluarkan gaji bagi semua karyawannya sejak mengawali usaha.

Banyak teman, banyak rezeki. Bisnis yang dijalankan tim akan lebih cepat dikenal lewat jaringan pertemanan masing-masing pendiri, sehingga potensi untuk meraup pasar juga lebih besar ketimbang bisnis sendirian. Jaringan tidak hanya berguna dalam mencari pasar, tetapi juga dalam menambah sokongan modal, mencari penyedia bahan baku, dan merekrut karyawan atau tenaga kerja. Sumber : astralife.co.id

Demikian penjelasan saya tentang Cari peluang bisnis yang ada di sekitar anda semoga bisa menjadi referensi anda ketika membuka usaha. Salam sukses dari kami blogger sangatta kutai timur.

Tidak ada komentar untuk "Cari peluang bisnis yang ada di sekitar anda"